Kamis, 31 Oktober 2013

CANDI GEDONG SONGO "NEGRI KHAYANGAN" di SEMARANG


Melanjutkan Posting sebelumnya, tidak jauh dari Umbul Sidomukti terdapat objek wisata lainnya yaitu Candi Gedong Songo, candi ini ibarat Negeri Khayangan di Semarang hehehehe. Okee kita mulai yu?!
Candi Gedong Songo Candi peninggalan budaya Hindu terletak di desa Candi kecamatan Bandungan kabupaten Semarang Jawa Tengah. Candi Gedong Songo ini terletak di lereng Gunung Ungaran. Dengan ketinggian 1.200 meter diatas permukaan laut membuat suhu di Candi Gedong Songo bekisar 19-27 derajat celcius.
                                                                Candi Gedong Songo
Sesuai dengan nama nya "Songo" yang berarti sembilan (bahasa Jawa) maka jumlah dari candi ini 9, namun yang masih berdiri kokok sekitar  6 saja. Candi ini pertama kali ditemukan oleh Raffles pada tahun 1804.
Candi Gedong Songo ini memiliki pemandangan yang sangat Indah ditambah dengan cuaca yang sangat sejuk, selain bisa menikmati pemandangan disini juga kita bisa menikmati objek wisata lain seperti Pemandian Belerang, Berkuda, Outbond atau ingin bermalam dengan suasana seperti di Filem Twilight, Villa yang terletak ditengah-tengah hutan Pinus.Untuk mencapai satu candi ke candi yang lain dibutuhkan waktu 20 menit, dengan keadaan jalan setapak yang menanjak. Namun lelah ini akan terbayar dengan setiap pemandangan yang kita dapat.
Dari Semarang menuju Candi Gedong Songo melewati jalan Raya Semarang Yogyakarta dan sebelum Ambarowo belok ke kanan menuju Bandungan. Jika dari Yogyakarta menuju Magelang - Temanggung - Ambarowo. Untuk lebih detail bisa lihat Foto dibawah.
                                                                            Denah Lokasi
                                                                   Titik awal Pendakian
Tarif masuk Candi Gedong Songo Rp.5.000,- dan untuk turis asing Rp.50.000,- . Untuk tarif berkuda Rp.50.000,- sampai ke Puncak untuk sekali jalan. Dan untuk pemandian air panas Rp10.000,-. 
                                                       Track di Candi Gedong Songo

Track yang akan kita lalui dapat dibayangkan pada foto diatas dan itulah pemaindian air hangat Candi Gedong Songo. Jalan setapak ini menghubungkan dari titik awal pendakian hingga menuju ketinggian 1.200 meter diatas permukaan laut (Puncak Candi), jadi menurut saya sangat sayang apabila menggunkan jasa Kuda.
 
Satu hal yang menarik ditengah-tengah perjalanan kami melihat adanya Villa yang terletak ditengah hutan Pinus. Setelah saya mencari informasi Rate Villa itu Rp.500.000 - 600.000,- untuk 8 orang.

                                                            Villa Candi Gedong Songo


Bisa dibayangkan ketika sang Mentari pulang ke peraduannya bagaimana suasana di Villa ini, dingin, dan Bintang-bintang sebagai penerang alaminya.

                                                                          Outbond


Selain itu ada juga kegiatan Outbond dengan tarif Rp.20.000 - 30.000,-.


                                                                       Uap Blerang


                                              Uap Blerang langsung dari Gunung Ungaran


Di Candi Gedong Songo kita bisa langsung melihat sumber air belerang yang langsung keluar dari celah cela lereng Gunung Unggaran.


                                                               

                                                               Background Sayurmayur
                                                                         Track ketika Turun

Ketika perjalanan turun tidak habis-habisnya pemandangan menarik yang disuguhkan, kami melihat berbagai macam tanaman palawija dan Bunga Mawar.


http://ranselorange.blogspot.com/2013_01_01_archive.html

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Browser