Sabtu, 22 Juni 2013

Cara tanam buah naga cepat tunas dan berbuah

1. Buah Naga Cepat Tumbuh Tunas dan Panjang



Penanganan tanaman buah naga supaya cepat tumbuh tunas baru dan memanjang, dibutuhkan ketersediaan unsur N yang tinggi, jika anda menggunakan pupuk kandang, maka jenis yang paling tepat adalah yang berasal dari kotoran ayam. Bagi anda yang menggunakan pupuk kemasan, pilihlah pupuk yang memiliki unsur N lebih tinggi dari P dan K. Penanganan ini akan menghasilkan batang yang cepat tumbuh memanjang dan tumbuh tunas baru yang lebih cepat, warna terlihat lebih muda dan diameter batang akan lebih kecil dibandingkan batang buah naga yang di beri unsur P lebih tinggi dari N nya. Metode ini cocok digunakan dalam perbanyakan bibit atau pada tanaman buah naga dewasa setelah musim buah habis.

Agar Buah Naga Cepat Tumbuh Tunas dan Berbuah
2. Bibit Cepat Berbunga dan Berbuah
Penanganan bibit supaya cepat “tua” (cepat berbunga dan berbuah) dibutuhkan suplai unsur P yang lebih tinggi dari unsur N, kalau anda menggunakan pupuk kandang, jenis yang paling bagus yang berasal dari kotoran kambing. Perlakuan ini akan menghasilkan batang yang berwarna hijau lebih gelap dan diameter batang akan lebih besar dari batang yang diberi unsur N lebih tinggi dari P nya. Metode ini cocok bagi budidaya buah naga di dalam pot atau pada budidaya buah naga dewasa pada masa berbuah tiba.
  • Pada bibit, lebih baik langsung ditanam pada bedengan pada lahan , berikan pupuk kandang kotoran kambing secara merata pada bedengan.
  • Pada model Tabulampot (Tanaman Buah Dalam Pot), ini wajib dilakukan karena yang dibutuhkan adalah tanaman buah naga yang berukuran kecil tetapi sudah berbuah.
  • Pada tanaman dewasa, pemangkasan batang ini wajib dilakukan untuk menyambut musim buah tiba, dilakukan bersamaan dengan Pemangkasan bunga
  • Anda bisa menggunakan jenis pupuk apa saja, yang dibutuhkan adalah anda tahu betul kandungan unsur-unsurnya.
  • Jika anda menggunakan pupuk kandang, pastikan pupuk kandang sudah matang / kering, akan lebih baik lagi jika di fermentasi lebih dulu.Sederhananya untuk membuat tanaman buah naga dapat berbunga dan berbuah adalah :
    1. Media tanam tidak terlalu padat (tidak lama menyimpan air)
    2. Mendapat sinar matahari yang cukup.
    3. Pemupukan yang tepat (penjelasan di atas)
    4. Pemangkasan untuk mencegah cabang terus tumbuh dan munculnya tunas baru.
    5. Sulur tidak terlalu rimbun, sehingga sulur atas tidak menutupi sulur pada bagian bawah dari sinar matahari.
    Jika 5 hal tersebut terpenuhi, tanaman buah naga anda pasti akan berbunga dan berbuah dengan baik.
    Tips Budidaya Buah Naga
    Ada beberapa faktor yang mendukung Buah Naga agar bisa berbuah besar dan lebat. Secara garis besar, akan kami ulas secara singkat, agar rekan rekan pemula bisa mengetahui secara umum cara budidaya Buah Naga yang baik. Berikut adalah tips budidaya Buah Naga :
    1. Kebutuhan umum untuk budidaya Buah Naga adalah dengan kondisi tanah berpasir, kering, cenderung merah, PH normal (6-7). Apabila syarat umum diatas belum terpenuhi, bisa dilakukan pengolahan tanah lebih lanjut sesuai dengan  kebutuhan. Misalnya apabila tanah cenderung basah/asam, maka perlu pengaplikasian Kapur/Dolomit untuk meningkatkan PH tanah. Begitu pula apabila tanahnya cenderung keras, penambahan pasir atau abu sekam juga perlu dilakukan.
    2. PH tanah normal 6-7 sangat penting dalam budidaya Buah Naga. Apabila PH cenderung asam, maka akan terjadi banyak serangan jamur yang mengakibatkan busuk akar atau batang. Kedua serapan unsur Kalium akan terhambat sehingga Buah Naga menjadi tidak maksimal (kerdil). Turunnya PH tanah bisa terjadi karena curah hujan yang tinggi dan sistem drainase yang kurang bagus, sehingga air tidak bisa cepat tersalurkan.
    3. Jumlah cabang Buah Naga yang terlalu banyak juga menyebabkan hasil produksi Buah Naga tidak maksimal. Unsur hara yang diserap pohon naga akan habis untuk memenuhi kebutuhan batangnya saja. Jumlah normal cabang sekitar 4-6 cabang/pohon.
    4. Ketika pada masa berbuah, pemotongan ujung cabang diperlukan agar cabang tidak berkonsentrasi untuk pengembangan batang. Sehingga unsur hara bisa dialihkan untuk pemenuhan pembesaran Buah Naga.
    5. Unsur Kalium sangat penting dalam proses pembentukan dan pembesaran Buah Naga. Unsur Kalium alami/organik banyak didapatkan dari Pangkal pohon pisang, serabut kelapa, organik laut, tulang ikan/hewani, daun teh dll. Bahan bahan alami tersebut diproses dengan cara fermentasi. Kalium anorganik didapat dari ZK, MKP, KNO3. Bahan Kalium bisa disemprotkan dan juga bisa ditaburkan disekitar tanaman.
    http://anomali-dunia.blogspot.com/2013/04/agar-buah-naga-cepat-tumbuh-tunas-dan.htm 


    Tutorial Penyerbukan Manual Buah Naga


    Beberapa hal yang perlu anda ketahui adalah :

    1. Waktu terbaik untuk melakukan penyerbukan adalah ketika mahkota bunga sudah mekar sempurna. Penyerbukan sebelum bunga mekar kurang bagus hasilnya, lebih baik dilakukan saat bunga sudah mekar beberapa waktu ( kuntum bungan mulai menutup ) hasilnya lebih bagus daripada diserbukkan sebelum bunga mekar sempurna.

    2. Hati-hati saat mengoleskan serbuk sari pada putik, jangan sampai tangkai putik patah akibat gerakan yang terlalu keras. Ini akan menyebabkan gagalnya penyerbukan.

    3. Bagi anda pemula, sebaiknya menggunakan kuas bersih dan kering untuk mengoleskan serbuk sari ke putik. Meskipun bisa dilakukan dengan jari tangan, tetapi tangan yang berkeringat, basah, atau tidak bersih bisa mengakibatkan gagalnya penyerbukan.

    4. Untuk kuntum bunga yang menghadap keatas, setelah anda melakukan penyerbukan sebaiknya di beri kerodong untuk mencegah terkena air hujan langsung, meskipun banyak juga yang tidak dikerodong,penyerbukan tetap berhasil.

    5. Serbuk sari bisa digunakan untuk di oleskan pada putik bunga lain, biasanya dilakukan untuk penyilangan dua jenis buah naga.

    http://www.denidi.com/2011/12/tutorial-penyerbukan-manual-buah-naga.html 


    Antisipasi Curah Hujan Tinggi Pada Buah Naga

    Dua tahun belakangan ini produksi buah naga para pekebun di Indonesia bisa dibilang tidak memuaskan (tidak maksimal) dikarenakan curah hujan yang tinggi dan cuaca ekstrim yang terjadi sepanjang tahun.

    Sebenarnya gangguan utama yang terjadi pada buah naga karena curah hujan yang tinggi adalah masalah kelembaban lahan dan saluran pembuangan air yang tidak lancar yang menyebabkan lebih banyak munculnya jamur, media tanam tergenang yang menyebabkab busuk batang dan pertumbuhan akar yang mengganggu. Selain itu dengan hujan yang turun terus menerus akan menyebabkan agen penyerbuk alami (seranggga, lebah, burung dll) tidak bisa aktif untuk membantu penyerbukan pada bunga buah naga.

    Berikut ini beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk antisipasinya supaya hasil produksi dan pertumbuhan tanamannya tetap bagus.

    1. Buatlah parit yang lebih dalam untuk saluran pembuangan air. Pastikan air yang berasal dari hujan atau penyiraman bisa langsung mengalir dan tidak menggenang terlalu lama pada media tanam buah naga.

    2. Lakukan penyemprotan pupuk dengan kadar P yang tinggi untuk mengurangi jumlah bunga rontok atau kuncup yang layu sebelum penyerbukan. Setelah terjadi penyerbukan, bungkuslah kuntum jadi tersebut dengan plastik untuk menghindari terkena air hujan langsung.

    3. Periksa secara berkala kepadatan media tanam (air yang menggenang terlalu lama bisa menyebabkan hal ini) dan perhatikan apakah akar tanaman buah naga anda tumbuh dengan baik atau tidak. Jika media terlalu padat anda bisa menggemburkan atau mengganti dengan media tanam baru yang lebih bagus.

    4. Berikan penyemprotan fungisida untuk menghalau jamur di lahan anda, dan bersihkanlah lahan dari sampah potongan cabang, rumput/gulma pengganggu. Lahan yang bersih akan terhindar dari serangan beberapa hama dan gangguan lainnya.

    5. Pada potongan bibit baru yang ditanam, curah hujan yang tinggi bisa menyebabkan kebusukan, anda bisa memindahkan bibit yang ditanam pada tempat yang lebih tinggi untuk menghindari air yang menggenang.

    6. Pastikan pupuk kandang yang digunakan sudah benar-benar matang saat diberikan, jika tidak dengan turunnya hujan akan menyebabkan banyak gangguan pada tanaman buah naga.

    7. Gunakan model pemakainan ban (baca disini), atau metode lain yang intinya tanaman buah naga anda medianya lebih tinggi dari tanah sekelilingnya, air bisa langsung terbuang.

    8. Lakukan penyerbukan manual dengan tangan, karena aktifitas agen penyerbuk alami akan menurun jika turun hujan secara terus-menerus.
    http://www.denidi.com/2011/05/antisipasi-curah-hujan-tinggi-pada-buah.html 

    Cara Membudidayakan Buah Naga (Dragon Fruits)


    1. Persiapan Lahan
    Persiapkan tiang penopang untuk tegakan tanaman, karena tanaman ini tidak mempunyai batang primer yang kokoh. Dapat menggunakan tiang dari kayu atau beton dengan ukuran 10 cm x 10 cm dengan tinggi 2 meter, yang ditancapikan ke tanah sedalam 50 cm. Ujung bagian atas dari tiang penyangga diberi besi yang berbentulk lingkaran untulk penopang dari cabang tanaman
    Sebulan sebelum tanam, terlebi dahulu dibuatkan lubang tanan dengan ukuran 40 x 40 x 40 cm dengan jarak tanam 2 m x 2,5 m, sehingga dalam 1 hektar terdapat sekitar 2000 lubang tanam penyangga
    Setiap tiang/pohon penyangga itu dibuat 3 – 4 Lubang tanam dengan jarak sekitar 30 cm dari tian penyangga.
    Lubang tanam tersebut kemudian diberi pupuk kandang yang masak sebanyak 5 – 10 kg dicampur dengan tanah.
    2. Persiapan bibit dan penanaman
    Buah naga dapat diperbanyak dengan cara :
    Stek dan Biji
    Umumnya ditanam dengan stek dibutuhkan bahan batang tanaman dengan panjang 25 – 30 cm yang ditanam dalam polybag dengan media tanam berupa campuran tanah, pasir clan pupuk kandang  dengan perbandingan 1 : 1 : 1.
    Setelah bibit berumur ? 3 bulan bibit siap dipindah/ditanam di lahan.
    3. Pemeliharaan
    Buah Naga Merah,berbunga yang kedua kali-2Pengairan
    Pada tahap awal perturnbuhan pengairan dilakukan 1 – 2 hari sekali. pemberian air berlebihan akan menyebabkan terjadinya pembusukan
    Pemupukan
    Pernupukan tanaman diberikan pupuk kandang, dengan interval pemberian 3 bulan sekali, sebanyak   5 – 10 Kg.
    Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT)
    Sementara belum ditemukan adanya serangan hama clan penyakit yang potensial. Pembersilhan lahan atau pengendalian gulma dilakukan agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman
    Pemangkasan
    Catang utama ( primer ) dipangkas, setelah tinggi mencapai tiang penyangga ( sekitar 2 m ), clan ditumbuhkan 2 cabang sekunder, kemudian dari masing-masing cabang sekunder dipangkas lagi clan ditumbuhkan 2 cabang tersier yang berfungsi sebagai cabang produksi.
    Jumlah cabang Buah Naga yang terlalu banyak juga menyebabkan hasil produksi Buah Naga tidak maksimal. Unsur hara yang diserap pohon naga akan habis untuk memenuhi kebutuhan batangnya saja. Jumlah normal cabang sekitar 4-6 cabang/pohon.
    Ketika pada masa berbuah, pemotongan ujung cabang diperlukan agar cabang tidak berkonsentrasi untuk pengembangan batang. Sehingga unsur hara bisa dialihkan untuk pemenuhan pembesaran Buah Naga.
    Unsur Kalium sangat penting dalam proses pembentukan dan pembesaran Buah Naga. Unsur Kalium alami/organik banyak didapatkan dari Pangkal pohon pisang, serabut kelapa, organik laut, tulang ikan/hewani, daun teh dll. Bahan bahan alami tersebut diproses dengan cara fermentasi. Kalium anorganik didapat dari ZK, MKP, KNO3. Bahan Kalium bisa disemprotkan dan juga bisa ditaburkan disekitar tanaman.
    4. Panen
    Buah Naga Merah,berbunga yang kedua kaliSetelah tanaman umur 1,5 – 2 tahun, mulai berbunga dan berbuah. Pemanenan pada tanaman buah naga dilakukan pada buah yang memiliki ciri – ciri warna kulit merah
    mengkilap, jumbai / sisik berubah warna dari hijau menjadi kernerahan. Pemanenan dilakulkan dengan menggunakan gunting, buah dapat dipanen saat buah mencapai umur 50 hari terhitung sejak bunga mekar
     Dalam 2 tahun pertama. setiap tiang penyangga mampu menghasilkan buah 8 s / d 10 buah naga dengan bobot sekitar antara 400 – 650 gram
    Musim panen terbesar buah naga terjadi pada bulan September hingga Maret
    Umur produktif tanaman buah naga ini berkisar antara 15 – 20 tahun
     http://warasfarm.wordpress.com/2012/10/17/cara-membudidayakan-buah-naga-dragon-fruits/

42 komentar:

Unknown mengatakan...

Cara beli bibit nya dimana

Membuat Accessories Sendiri mengatakan...

sy sedang mcoba menanam di dlm pot nih...stlh kurleb 1 bulan, mli tumbuh cabang.. penyangga apa yg cocok u tanaman ini bila menggunakan pot? dan berapa tinggi ideal penyangga tsb? thx

mostmozz mengatakan...

SAYA ADA PUPUk PADAT organik DGN KANDUNGAN N 2%, P 15% K 12% Bo 12% C 10% MG 2% & PUPUK CAIR N 15% P 18% K 28% ...0812.2929.5557

Anonim mengatakan...

Nice info.
www.krisnajati9.blogspot.com

Unknown mengatakan...

Silahkan yg butuh pupuk organik cair super... bisa buat segala macam tanaman.

Komposisi : pH 7,84 - N 18,09% - P2O5 2,65% - K2O 1,50% - B <0,1 ppm - Zn 21,1 ppm - As 0,62 ppm - Hg <0,01 ppm - Pb <0,1 ppm - Cd 0,4 ppm - Fe 0,07% - Ca 1,83% - Co <0,1 ppm - Mo <0,1 ppm - Cu 1,7 ppm - E. Coli 0 MPN/gr - Salmonela sp Negatif

Untuk informasi, hub : 087838801445
ADA PROMO SPESIAL*

Setiawan Mining mengatakan...

Buah naga saya sering berbunga.... tetapi tidak bisa menjadi buah, kenapa ya...?? mohon infox, sy sdh pupuk dengan kotoran sapi, npk pink dan biru

Unknown mengatakan...

apakah biji dari buah naga bisa untuk di jadikan bibit...atau harus pohon nya yg di tanam

Penjasorkes edukasi mengatakan...

@setiawan mining :
bunganya harus dikawinkan dulu bos..
bunganya akan kembang sempurna biasanya kisaran jam 11 malam sampai jam5 pagi..
pada waktu itulah serbuk bunga itu dikawinkan/di kawin silangkan antara bunga satu dengan bunga yg lain..

Unknown mengatakan...

info yang menarik... baca juga tips dari MEDIATANIoCOM biar lebih mantap

Unknown mengatakan...

salam blogger

Unknown mengatakan...

Saya sedang menanam buah naga dirumah sdh mulai besar hampir 30 pohon gampang menanam dan memeluaranya

Unknown mengatakan...

Buah naga saya sdh banyak dan sudah sering berbunga tapi tidak bisa sampai jadi buah mhn saran

Unknown mengatakan...

Saran anda sangat saya tunggu

Unknown mengatakan...

Saran anda sangat saya tunggu

Unknown mengatakan...

Buah naga saya sdh banyak dan sudah sering berbunga tapi tidak bisa sampai jadi buah mhn saran

Unknown mengatakan...

Buah naga saya sdh banyak dan sudah sering berbunga tapi tidak bisa sampai jadi buah mhn saran

Pak.sunandar.kalimantan mengatakan...

AS WR WB SALAM KOMPAK PENUH KEMENANGAN…
KEPADA SELURUH TEMAN TEMAN YANG PECINTA TOGEL DAN INGIN MENGUBAH NASIB DENGAN JLN INI SAYA INGIN BERBAGI PENGALAMAN, SEBELUMNYA SAYA BERSUMPAH ATAS NAMA
ALLAH TUHN YME, DEMI KELUARGA DULU SAYA HAMPIR BUNUH DIRI KARENA KETERPURUKAN DAN UTANG SAYA YANG BANYAK, PEKERJAAN SAYA HANYA KULI BANGUNAN, ISTRI SAYA BEKERJA SEBAGAI KARYAWAN PENJUAL KUE ANAK SAYA 3 , KEBUTUHAN SAYA TDK MENCUKUPI, RUMAH SUDAH SAYA GADAI DI BANK DANAMON ITUPUN SUDAH MENUNGGAK DAN SUDAH MAU DI LELANG , NAMUN ALLAH MAHA PENGASIH BERKAT BANTUAN TEMAN SYA DIPERTEMUKAN DENGAN AKI LEKSOH MELALUI NO HP 082-322-486-577 AWLNYA SAYA TDK MAU TPI KARENA TEMAN SUDAH MEMBUKTIKANNYA,AKHIRNYA SAYA IKUT DAN PINJAM UANG LAGI DI KOPERASI, NAMUN ALHAMDULILAH ANGKA GAIB AKI BENAR BENAR TERBUKTI 3D SGP (418)TEMBUS 500 LEMBAR DAN KEMENAGAN KEDUA SAYA 4D 0562 TEMBUS LAGI 178 JUTA SEMUA MASALAH SAYA TERATASI.KINI SEKARANG SAYA SUDAH PUNYA TOKO KUE YNG LUMAYAN BESAR DAN DIKELOLA OLEH ISTRI SAYA, SISANYA BUAT MODAL USAHA, TRIMAKSIH AKI SILAHKAN TEMAN MENCOBA DI 082-322-486-577 ATAU DAN BELIAU JUGA DUKUN SANTEK YANG SANGAT AMPUH,MUJARAB DAN SAKTI MANDRA GUNA TERIMA KASIH.,

FAST TYPING mengatakan...

Wah artikelnya menarik juga,kita juga bisa sharing - sharing mengenai cara menanam buah melalui tanaman.id

Unknown mengatakan...

iklannya bung sunandar mantap

Unknown mengatakan...

Bung sukandar....dalam judi jangan dibawa2 nama ALLAH ya..kalau anda seorang muslim,perdalam lagi pengetahuan anda ttg ISLAM...smg ALLAH menunjuki anda jln yg benar..

Unknown mengatakan...

Bung sukandar....dalam judi jangan dibawa2 nama ALLAH ya..kalau anda seorang muslim,perdalam lagi pengetahuan anda ttg ISLAM...smg ALLAH menunjuki anda jln yg benar..

Unknown mengatakan...

Apakah anda ingin memperbaiki kualitas & kesehatan sperma serta orgasme paling dahsyat dalam hidup anda..???

Bagaimana jika anda bisa meningkatkan volume sperma anda secara alami, dengan meningkatkan jumlah ejakulasi, kesehatan dan kekentalan sperma anda…???

Ketika anda ber-ejakulasi, anda mengalami euforia, dengan orgasme, sangat intens dan menyenangkan yang akan membuat anda merasa nikmat. Dan ekspresi wajah pasangan anda, anda bisa lihat dia sangat puas kalau melihat sperma anda yang kental dan banyak, mari kita lihat apa saja khasiat semenax.

Pemesanan Dan Konsultasi Bisa Telp / Sms :
0812 4818 2008 (Telkomsel)
0877 3388 3398 (XL)
PinBB : 2B62F730
www.obat-pria.com

Manfaat Semenax Obat Penyubur Sperma :
1. Menambah meningkatkan kesuburan sperma anda.
2. Air sperma atau mani lebih banyak setiap kali klimaks.
3. Air sperma atau mani lebih berkualitas.
4. Menambah kekentalan air sperma atau mani.
5. Tahan lama dengan keluar yang lebih deras.
6. Meningkatkan volume ejakulasi anda.
7. Semenax Asli merupakan produk herbal obat pengental sperma untuk memperbanyak sperma yang patut anda coba jika anda ingin memperbaiki mutu dan kualitas air sperma atau mani anda.

Cara Pemakaian Semenax Obat Penyubur Sperma :
1. Minum 2 kapsul semenax perhari (1 kapsul pagi dan 1 kapsul malam)
2. Tidak diperbolehkan mengambil 4 kapsul dalam waktu 24 jam
Harga Semenax Asli Obat Penyubur Sperma :
Rp 750.000,- / isi 90 kapsul – Made In Manufactured By Pill Expert Inc 5674 Canada

Unknown mengatakan...

salam kenal,
untuk tabulampot ini, trik yang paling jitu itu seperti apa pak... agar tanaman naga yang paling masih kecil cepat berbuah? selain pemberian pupuk, pastinya pH tanah juga berpengaruh ya?
bibit tanaman buah (bibit jeruk,kelengkeng,durian dll)

Unknown mengatakan...

trims buat triknya, ,
tapi ini usia berapa bulan sampai buahnya bisa di nikmati?

http://bungaasi.com/tag/botol-susu-tommee-tippee/

halla mengatakan...

Terima kasih,....
saya dapat penjelasan yang mantap sekali........

Desy Ratna Yunita mengatakan...

Jika dalam 1 cabang terdapat 3-4 bakal buah, apakah boleh? Atau harus dibuang hingga hanya 1 bakal buah saja?

Hasan mengatakan...

artikel menarik gan.


Apa saja Jenis jenis buah naga dan apa saja pula
kriteria bibit buah naga untuk melakukan
bibit buah naga yang merupakan
peluang usaha budidaya buah naga kita mengenal dulu
mengenal buah naga dan perlu tau
Cara budidaya buah naga

Unknown mengatakan...

Terimakasih atas infonya cara budidaya buah naga

Abu Isa mengatakan...

mantap saya sedang menannam belum lama baru 2 bulan.semoga sukses

Ahmad Basuki mengatakan...

KEUNGGULAN DAN MANFAAT PUPUK NPK SUPER+TE

Pupuk NPK SUPER + TE Memiliki beberapa keunggulan dan manfaat yang lebih baik dari pupuk tunggal atau pupuk majemuk lainnya, antara lain adalah :
1. Mengandung unsur hara lengkap dan seimbang, unsur hara makro primer, sekunder dan unsur mikro esensial yang sangat dibutuhkan oleh tanaman :
Nitrogen (N-Total)
Phosphate (P205 Total)
Phosphate (P205, As Sirat)
Photasium (K2O)
Magnesium (MgO)
(S)
(CaO)
Boron (B)
Copper (Co)
Zinc (Zn)
Manganese (Mn)
(Hg)
(Pb)
Cd
As
Biuret
Kadar Air

2. Bersifat Slow Release (Controlled Fertilizer) karena mengandung bahan pengikat dan terbungkus dengan bahan yang terbuat dari bahan organik, sehingga akan menjamin ketersediaan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman sampai periode pemupukan berikutnya.

3. Efektifitas penyerapan pupuk sampai 95%, karena pupuk NPK SUPER + TE dibuat berbentuk batangan (Stick) dengan metode pemupukan ditanamkan kedalam tanah. Hal ini akan menghindari kehilangan pupuk yang diakibatkan oleh penguapan dan erosi/hanyut terbawa oleh air hujan.

4. Praktis, Ekonomis dan Efisien
• Praktis = Mudah dalam aplikasinya dan tidak perlu pemupukan yang berulang seperti untuk jenis pupuk tunggal.
• Ekonomis = Hemat tenaga kerja dan biaya transportasi serta perbandingan harga pupuk yang kompetitif.
• Efisien = Dikemas dalam kotak sehingga tidak memerlukan ruang yang besar dan tidak berbau.
5. Dapat digunakan untuk pemupukan tanaman perkebunan lainnya seperti kelapa sawit, cacao, kopi, karet, kelapa dan tanaman buah-buahan seperti durian, mangga dan lain-lain.

Dari beberapa Testimoni pemakai Pupuk NPK SUPER + TE pada Tanaman Kelapa Sawit disimpulkan bahwa:
1. Dengan memakai pupuk NPK SUPER + TE mulai awal tanam pohon sawit didapat hasil bahwa Sawit akan berbuah pada 4 kali aplikasi atau 4 x 4 bulan = 16 bulan atau kurang dari 1,5 tahun.
2. Pohon yang hanya tumbuh bunga, tidak bisa berbuah akan menjadi bisa berbuah hanya dengan 3 x aplikasi.
3. Pada saat musim kemarau biasanya terjadi penurunan hasil TBS, dengan memakai pupuk NPK Super+TE hasil TBS masih tetap normal bahkan cenderung meningkat.

PEMESANAN DAPAT MENGHUBUNGI
CONTACK PERSON :
Ahmad Basuki
Hp. 081367795557
Pin bbm. 2b8f7bf8
Email. ahmadbasuki12@yahoo.co.id

Unknown mengatakan...

Uang hsil togel haya bust zina .mabok2 dan mendholimi org ..

Unknown mengatakan...

Uang hsil togel haya bust zina .mabok2 dan mendholimi org ..

Belajar Bahasa Inggris mengatakan...

Disebut buah naga karena sepintas tanaman ini memiliki sosok yang menjulur panjang menyerupai naga. Sebenarnya, buah naga termasuk golongan kaktus-kaktusan.

Unknown mengatakan...

Hahahahaha ingat nerak bung sunandar.anak istri dibiayai makan dengab uang haram.hati2 dengan ajab

Unknown mengatakan...

Hahahahaha ingat nerak bung sunandar.anak istri dibiayai makan dengab uang haram.hati2 dengan ajab

Unknown mengatakan...

Ayo.. bapak-bapak...
Ceritanya sekarang Buah Naga kenapa ngelantur kemana mana..?

Aldo mengatakan...

Aldo: thank infonya, gan !

BLOGGER ULOK ULOK mengatakan...

Bibit .. dari batang yg ada aja.. kaya ubi ..

Anonim mengatakan...

Mau tanya, cara mengawinkan bunga buah naga bagimana? Dan mau tanya Bisa kah beli pohon buah naga yg udah berbuah dalam pot

Unknown mengatakan...

Kelebihan air... hentikan penyiraman atau tutup medianya dg tripleks atau seng hingga bunganya dah menjadi buah baru dibuka ....

Unknown mengatakan...

Lebih baik pohonnya..pilih yg sudah sering berbuah ..m

Unknown mengatakan...

Kelebihan air... hentikan penyiraman atau tutup medianya dg tripleks atau seng hingga bunganya dah menjadi buah baru dibuka ....

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Browser